Utamakan Tenaga Kesehatan, Menko PMK Minta BPJS Kesehatan Percepat Verifikasi Klaim RS

22

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMKMuhadjir Effendy meminta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mempercepat verifikasi klaim rumah sakit yang mendapatkan pergantian biaya dalam pelayanan pasien Covid-19.

Hal tersebut diperlukan, kata dia, agar pencairan insentif dana bagi para tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19 bisa segera dilakukan.

“Saya minta ini (verifikasi klaim rumah sakit) untuk dipercepat, karena banyak sekali tenaga kesehatan yang terlibat,” ujar Muhadjir usai menghadiri syukuran 52 tahun BPJS Kesehatan, dikutip dari siaran pers, Kamis (16/7/2020).

Muhadjir mengatakan, pemerintah sangat fokus untuk melindungi tenaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini, di antara kelompok masyarakat lainnya.

Pasalnya, tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 sehingga perlindungannya pun harus ekstra.

“Kalau melawan Covid-19 ini adalah perang, tenaga kesehatan adalah ‘The Queen of the Battle‘. Jadi yang pertama yang harus dilindungi,” kata dia.

Dengan demikian, perlindungan kepada mereka dengan cara membayarkan insentifnya sangat mendesak dilakukan.

Oleh karena itu, ia pun berharap BPJS dapat segera melakukan verifikasi klaim kepada rumah sakit-rumah sakit yang melayani BPJS dalam operasionalnya.

Terutama dalam penanganan Covid-19 di Tanah Air yang belum menunjukkan adanya penurunan jumlah kasus.

Laman: 1 2

You might also like
close